Sabtu, 22 Oktober 2011

Pulau Komodo

-->
Pulau Komodo
.
    Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki keindahan alam dan sumberdaya alam yang melimpah. Indonesia juga memiliki keindahan alam flora dan fauna selain itu juga Indonesia memiliki pulau-pulau kecil yang indah, dan memilikindaya tarik tersendiri.
    Indonesia terkenal dengan keanekaragaman fauna, salah satunya komodo dan tempat pariwisata yang indah dan dikenal oleh masyarakat dari mancanegara. Dan sekarang menjadi salah satu keajaiban dunia.
    Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.    Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
    Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo. Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.
    Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, dan sekitar 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm, yang kerap diganti, Air liur komodo sering kali bercampur sedikit darah karena giginya hampir seluruhnya dilapisi jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan. Kondisi ini menciptakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka, Komodo memiliki lidah yang panjang, berwarna kuning dan bercabang, Komodo jantan lebih besar daripada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah batu bata, sementara komodo betina lebih berwarna hijau buah zaitun, dan memiliki potongan kecil kuning pada tenggorokannya. Komodo muda lebih berwarna, dengan warna kuning, hijau dan putih pada latar belakang hitam.
    Oleh karena itu kita sebagai warga Negara Indonesia wajib untuk melestarikan pulau komodo. Dan menentang keras rencana perusakan lingkungan seperti rencana pembangunan pertambangan di Pulau Komodo.
    Karena Pulau Komodo merupakan salah satu kebanggan terbesar Indonesia Pulau Komodo tidak saja berhubungan dengan perilaku alam namun juga budaya masyarakat sekitarnya Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar